Vidio Kerja di Kantor




Menuju Sebuah Kantor yang Modern


Gambaran perkantoran konvensional selama ini yang ada di benak kita adalah ruangan – ruangan tertutup bercat warna netral (hitam, hitam, abu-abu), dengan deratan pembatas membantuk persegi mengelilingi karyawan. Karyawan yang wajib berada di kantor mulai Senin sampai Jumat, dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore, mengenakan setelan pakaian kerja formal, dan selalu berkata “Iya” kepada bos juga merupakan stereotip kebanyakan orang tentang sebuah perkantoran. Namun bagaimana dengan kantor modern?

Seiring perkembangan zaman mulai muncul perusahaan-perusahaan lebih modern yang membawa sebuah budaya perkantoran yang sifatnya lebih fleksibel. Perusahaan yang mengusung kantor modern memang sebagian besar adalah perusahaan yang bergerak di bidang kreatif dan teknologi. Sebut saja Google, yang terkenal akan budaya berpikiran maju yang memungkinkan karyawannya untuk bebas mendesain ruang kerjanya sendiri, memiliki jam kantor yang fleksibel, berpakaian santai, dan menikmati makanan sehat secara gratis. Contoh lainnya Facebook yang memiliki kantor dengan desain meriah dan kolam renang outdoor untuk karyawannya.




Di antara semuanya, sebuah kantor modern yang paling utama sesungguhnya adalah kemampuannya melakukan perubahan menyongsong digitalisasi dalam setiap aspek kegiatannya. Perkembangan jaman menuntut perusahaan untuk semakin meningkatkan layanan dan jangkauannya secara lebih luas. Digitalisasi mempermudah segala kegiatan administrasi dan manajerial kantor. Kini sudah saatnya untuk mengubah sistem administrasi kantor ke dalam bentuk digital yang terkomputerisasi. Dengan begitu segala kegiatan dapat terekam dan tersimpan di sistem komputer yang sifatnya tidak terbatas. Berbagai keuntungan dapat diperoleh apabila seluruh kegiatan dilakukan dengan sistem komputer, khususnya keuntungan dalam hal kecepatan, kecermatan, keterhandalan, keterkinian komunikasi dan pemrosesan data. Yang paling utama, digitalisasi membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih efektif. Dengan begitu produktifitas karyawan akan semakin meningkat.